Rapat Persiapan Akreditasi Program Studi Profesi Ners, Poltekkes Kemenkes Jakarta I

Rapat Persiapan Akreditasi Program Studi Profesi Ners, Poltekkes Kemenkes Jakarta I

Keperawatan adalah salah satu profesi dalam bidang kesehatan yang memiliki landasan ilmunya sendiri, untuk dapat memberikan layanan kesehatanan kepada masyarakat berupa asuhan keperawatan. Tenaga keperawatan yang professional tentu memiliki syarat berupa kompetensi yang harus dipenuhi oleh setiap individu untuk menjadi tenaga perawat. Maka dari itu, untuk menjadi seorang perawat harus melalui proses Pendidikan keperawatan.

 

Rapat Persiapan Akreditasi Program Studi Profesi Ners

 

Pendidikan tinggi keperawatan yang diatur dalam UU No.38 Tahun 2014, dijelaskan bahwa Pendidikan tinggi keperawatan terdiri dari Pendidikan Vokasi (Pendidikan Diploma tiga keperawatan), Akademik (Pendidikan sarjana, magister, dan doktor keperawatan) , dan Profesi (Pendidikan Ners, dan Pendidikan spesialis keperawatan).

Poltekkes Kemenkes Jakarta 1 sebagai unit pelaksana teknis Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (Badan PPSDM Kesehatan) yang memiliki peran untuk menghasilkan sumber daya tenaga kesehatan yang siap untuk memajukan dan menunjang pembangunan kesehatan nasional, yang salah satunya menghasilkan tenaga keperawatan melalui Program Studi Profesi Ners Poltekkes Kemenkes Jakarta 1.

Untuk membentuk tenaga keperawatan yang profesional, maka dari itu setiap perguruan tinggi keperawatan yang ada di Indonesia harus memenuhi standar atau kriteria berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang dalam proses penilaiannya disebut dengan Akreditasi.

Program Studi Profesi Ners yang bertujuan untuk dapat menghasilkan lulusan Ners yang baru dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan tentu tidak luput dengan adanya proses penilaian standar Pendidikan atau akreditasi yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2021. Maka dari itu seluruh tenaga pendidik dan kependidikan Program Studi Profesi Ners Bersama Direktrorat Poltekkes Kemenkes Jakarta 1 melakukan rapat persiapan akreditasi yang dilaksanakan seacara daring & luringĀ  pada hari Selasa, 19 Januari 2021.